MENGAPA REGISTRASI PERUSAHAAN DI PANAMA ?

Definisi : Offshore Company : Suatu perusahaan luar negri yang ter-registrasi di suatu negara (Contoh Panama) dan melakukan aktivitas di luar negara tempat melakukan registrasi.

Registrasi perusahaan di Panama, seperti yang disebutkan sebelumnya, diatur oleh UU 32 tahun 1927. Sebagai aturan main, hukum di Republik Panama memungkinkan pendaftaran dua jenis perusahaan:

A: Korporasi Onshore: kegiatan usaha (juga) yang dilakukan di Republik Panama – ini berarti misalnya bahwa kesepakatan perusahaan dengan perusahaan Panama, melaksanakan kegiatan manufaktur atau jasa dalam negeri (yang berarti bahwa bagian dari pendapatan mereka dan keuntungan diproduksi di Panama)

B: Korporasi Lepas Pantai (Offsore Company): semua kegiatan bisnis mereka dilakukan di luar Republik Panama. Nama “OFFSHORE” menunjukkan jenis usaha. Dalam hal ini, panama offshore corp dapat membawa pada setiap jenis perdagangan internasional, manufaktur dan kegiatan pelayanan bebas pajak (ya, dengan pajak 0% dibayar), tetapi secara eksklusif di luar Republik Panama. maksudnya disini orang luar seperti dari Indonesia, Malaysia, Hongkong, Singapore bisa membuat perusahan di sini secara legal dengan sarat minimal.

Selanjutnya hak dari Panama Offshore Company :

– Pembukuan tidak wajib
– Pelaporan keuangan tidak wajib
– Kewajiban untuk membayar pajak: 300 USD per tahun (terlepas dari keuntungan sebenarnya perusahaan)
– Identitas pemilik (s) dilindungi oleh hukum yang ketat – tidak mungkin untuk melacak
– Kemungkinan membuka rekening bank di seluruh dunia
– Pendaftaran suatu Offshore Company Panama diperbolehkan untuk setiap individu pribadi atau badan hukum dari setiap negara

Pada saat Offshore Compay melakukan kegiatan yang menghasilkan pendapatan dalam Republik Panama, korporasi menjadi kena pajak, pajak keuntungan coporate yang aprox. 20-30%. Korporasi juga kehilangan statusnya Offshore-nya: baik pembukuan dan pelaporan keuangan menjadi wajib terhadap Otoritas Publik Panama.

Oleh karena itu, hukum Panama sendiri membuat Registrasi korporasi Offshore Company Panama mungkin dalam kondisi seperti itu tidak hanya menutupi identitas pemilik sebuah Offshore Company Panama, tetapi juga membebaskan mereka dari semua ganguan serta menjaga pelaksanaan pekerjaan pendaftaran perusahaan.

Beberapa fakta menarik tentang Pendaftaran korporasi Offshore Comany Panama:
– Definisi bisnis tidak perlu – Offshore Company Corp. bebas memilih kegiatan usahanya
– Tidak wajib untuk memiliki bisnis lokal atau perwakilan hukum
– Tidak ada karyawan lokal yang diperlukan
– Tidak ada rekening bank lokal diperlukan -Offshore Company Corp. dapat membuka rekening bank di mana saja di Dunia
– Minimum modal disetor tidak diperlukan
– Offshore Company Corp. terdaftar dengan modal dari 10.000 USD (jumlah ini tidak harus disetor baik di korporasi maupun nanti)
– Offshore Company Corp. didaftarkan oleh dua warga negara Panama, yang sekaligus mengundurkan diri kepemilikan dan transfer ke pemilik sebenarnya, yaitu Anda
– Pemegang saham dapat menjadi salah seseorang atau badan hukum tunggal
– Dewan direksi perlu setidaknya 3 orang (Direktur Utama, Direktur Sekretaris dan Bendahara Direktur)
– CATATAN: semua perusahaan yang berhubungan dengan tindakan / bisnis / kontrak harus ditandatangani oleh Presiden atau Sekretaris. Hal ini penting ketika Anda harus memilih posisi untuk diri sendiri dengan benar agar dapat menandatangani semua dokumen yang diperlukan pada Anda sendiri di masa depan. Dalam sebagian besar kasus salah satu dari tanda tangan direksi tersebut ‘sudah cukup untuk memiliki kontrak resmi disetujui.
– Pertemuan dewan dapat diselenggarakan di mana saja di dunia,bahkan di telepon
– Pendaftaran Offshore Company Corp. membutuhkan 4-5 hari kerja
– Semua kertas perusahaan yang bersangkutan dan dokumen yang disampaikan dalam waktu 20 hari kerja ke pemilik

Beberapa contoh negara yang mengeluarkan ijin untuk registrasi Perusahaan maupun lembaga keuangan yang bersifat Offshore Company : Panama, malta, Bermuda, New Zealand, Samoa, Mauritus, Cayman Island, British Virgin Island, Isle of Man, Monaco, Hongkong, Marshal Islands.

Jadi bagi yang mau investasi harus hati-hati dan jeli bila akan berinvestasi di Perusahaan baik korporasi maupun Lembaga Keuangan seperti Broker Company, Fund manager. Harus betul betul mengetahui segala perijinan dan regulator yang menjamin-nya ..

Karena dari banyak kasus investasi yang bermasalah berawal dari mulai ijin yang tidak jelas. Jadi bila ada suatu perusahaan/korporasi teregistrasi disini kita tidak tahu persis siapa pemiliknya karena mereka sudah memproteksi status kepemilikian perusahaan tersebut ..

Bersambung …

Salam Investasi Aman

di sadur dari GRAND PEARL & COMPANY
This entry was posted in Uncategorized and tagged , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s